Cara Menjernihkan Air Sumur Yang Bau Besi dan Kuning Dengan Teknologi Aerasi

Metode Lainnya Cara Menjernihkan Air Yang Kuning Dan Berbau Besi Cara Menjernihkan Air Sumur Yang Keruh Secara Alami Menggunakan

Bahan Ijuk.

Ijuk yang digunakan untuk membersihkan air sumur yang kotor dan keruh sama dengan ijuk yang digunakan untuk membuat sapu. Namun ijuk yang digunakan untuk memberihkan air yang kotor disumur sudah dibuat dengan bentuk lingkaran dengna diameter kurang lebih 1 meter. Untuk dapat menyaring air sumur hingga benar-benar jernih, pada umumnya dibutuhkan 5 rangkaian ijuk. Cara menjernihkan air sumur yang keruh dan kotor menggunakan ijuk ialah tumpuk kelima rangkaian ijuk tadi, lalu ikat dengan kencang dan beri pemberat. Masukan ijuk ke dalam sumur dan pastikan ijuk tenggelam sampai ke dasar sumur. Anda dapat menggunakan bilah berupa bambu panjang untuk mendorong ijuk agar cepat tenggelam. Bila perlu tindih ijuk menggunakan batu guna memastikan ijuk tidak mengapung kembali. Tunggu beberapa hari hingga air sumur menjadi bersih dan jernih. 

Cara Menjernihkan Air Sumur Yang Kuning Dan Keruh Menggunakan Material Tawas

Tawas atau adapula yang menyebut terawas, berbentuk seperti bebatuan kecil berwarna putih, hampir mirip dengan bongkahan gula batu namun warnanya putih. Tawas dapat Anda beli di toko bangunan terdekat. Cara menjernihkan air yang kotor dan kuning menggunakan terawas adalah dengan menghancurkan tawas menjadi bubuk terlebih dahulu. Jika sudah, masukan tawas ke dalam wadah dan larutkan dahulu dengan air. Setelah itu baru tawas dimasukan ke dalam sumur. Tawas sebaiknya dilarutkan terlebih dahulu agar saat dimasukan ke dalam sumur, bubuk tawas tidak beterbangan. Sesuaikan jumlah tawas dengan kedalaman sumur Anda. Cobalah untuk membeli 1 kg dahulu, jika belum jernih bisa tambah 1 kg atau 1/2 kg lagi.

Cara kerja tawas untuk menjernihkan air ialah dengan menyerap kotoran-kotoran yang ada disekitarnya, lalu diendapkan ke dasar sumur. Dengan begitu air didalam sumur dapat menjadi jernih dan bening kembali. Waktu terbaik menggunakan tawas menurut kami saat sore menjelang malam,
dimana aktivitas mengambil air dari sumur sudah tidak dilakukan. Dengan begitu, tawas dapat bekerja efektif saat malam hari, dan keesokan harinya diharapkan air dalam sumur sudah menjadi jernih dan bersih lagi.

Cara Menjernihkan Air Sumur Secara Alami Menggunakan Arang Tempurung Kelapa 

Arang Kelapa memiliki kandungan karbon aktif yang efektif mengikat kotoran sehingga dapat membuat air sumur menjadi jernih. Cara efektif menjernihkan air didalam sumur menggunakan arang tempurung kelapa ialah dengan membungkus arang tersebut menggunakan kain, lalu dimasukan ke dalam sumur. Sama halnya seperti menjernihkan air menggunakan terawas, Anda harus menyesuaikan jumlah arang tempurung kelapa dengan kedalaman sumur dan tingkat kotornya air sumur. Arang tempurung kelapa ini dapat dengan mudah Anda beli di toserba ataupun warung-warung disekitar rumah Anda.

Cara Menjernihkan Air Sumur Agar Jernih Dan Bening Kembali Dengan

Cara Mengurasnya

Seperti kita ketahui bersama, bahwa penyebab sumur menjadi kuning, keruh, dan kotor bisa karena beberapa faktor yaitu banyaknyalumut maupun tumbuhan air didalam sumur, maupun karena sumur terkena cemaran limbah sehingga menjadi berlumpur dan tidak jernih. Jika keadaannya demikian dan semua cara menjernihkan air sumur seperti yang sudah dijelaskan diatas masih belum mempan, maka sebaiknya Anda mengambil opsi ini, yaitu menjernihkan air sumur dengan mengurasnya.

Dengan menguras sumur, lumut-lumut yang ada didinding sumur maupun endapan lumpur didasar sumur yang menyebabkan air sumur menjadi keruh dan kotor akan dibersihkan semua. Di atas adalah beberapa Cara Menjernihkan Air Sumur Yang Kuning, Keruh, Dan Kotor. Tips spesial dari kami seputar mencegah air sumur menjadi kotor adalah pertimbangan yang tepat sebelum Anda membuat sumur.

Beberapa kriteria sumur yang baik adalah sebagai berikut :


  1. Sebaiknya sumur dibuat dengan kedalaman lebih dari 10 meter. Pastikan jarak minimal antara sumur dan MCK ataupun toilet terdekat  adalah 10 meter. Hal ini untuk mencegah limbah kamar mandi meresap dan merembes sehingga mencemari air yang ada didalam sumur.
  2. Hindari untuk memilih lokasi penggalian sumur dibekas lahan tempat pembuangan sampah. Tanah tempat pembuangan sampah walaupun sudah dibersihkan namun tetap saja akan meninggalkan banyak kuman, bakteri, dan kotoran yang mungkin berbahaya bagi kesehatan.
  3. Jika memungkinkan, carilah lokasi dimana bagian bawah tanah memiliki tekstur tanah yang bercampur pasir. Hal ini akan membuat sumur Anda lebih terjaga kejernihannya secara alami.

Hindari untuk membuat sumur pada lahan bekas rawa. Lebih baik mencari tempat galian sumur pada lahan bekas ditanami tanaman berakar searabut karena jenis tanaman ini banyak menyimpan kandungan air didalamnya.
Demikianlah Cara Menjernihkan Air Sumur Yang Bau Besi dan Kuning Dengan Teknologi Aerasi.

Subscribe to this Blog via Email :